Lebih dan Kurang

dari sisi tertentu anda akan merasa mahir dalam beberapa hal, sedangkan tidak pada hal-hal yang lain. selalu begitu dan begitu terus. sangat jauh dari nilai kesempurnaan. hal yang satu menutupi hal yang lainnya. ini tidak akan menjadi mustahil untuk menjadi mampu dalam segala sesuatu yang berhubungan dengan masalah kehidupan didunia. ini adalah masalah sederhana apabila seseorang mengerti jalan yang sebenarnya, bukan meyakini sementara untuk selanjutnya dilupakan.

semua proses harus melandaskan sesuatunya dengan keyakinan, keyakinan yang bagaimana? tentu tidak sesederhana untuk menguraikannya. satu orang dengan beberapa orang lain akan memiliki keyakinan yang begitu berfariasi dan beragam untuk mendefinisikan dalam satu hal berikut ini. menjalani kehidupan yang saat ini, setidaknya anda telah meyakininya beberapa tahun sebelumnya.

begitu disayangkan kebanyakan manusia menjalani kehidupannya didasari dengan keraguan. keraguan akan timbul akibat dari keyakinan anda sendiri dengan pengaruh apa yang dilihat, didengar dari sebagian orang disekeling anda yang begitu bertolak belakang. tidak pernah disalahkan mendegarkan beberapa pendapat dari sebagian orang lain kalau saja sebagai sudut pandang dan nilai tambah pengetahuan juga perbandingan jalan pikiran anda. ya....karena anda harus selalu berhubungan dengan mereka dalam keseharian dan bisa hidup bersama-sama yang dinamis dan tidak kaku.

anda tidak berani memvonis dan mengadili kehidupan anda sendiri.  semua kenyataan dalam diri anda harus disembunyikan dan menjadi aib yang tidak boleh dibongkar oleh orang lain bahkan pada diri anda sendiri. kebobrokan yang ada dalam diri sendiri  harus diakui, dicatat dalam buku besar bukan untuk dibanggakan melainkan untuk di perbaiki. seharusnya ini tidak akan memberikan waktu yang cukup untuk anda mengoreksi orang lain apabila anda mempunyai penjadwalan perbaikan diri sepanjang waktu yang anda punyai.

Tidak ada komentar: